Mulai 31 Mei 2022, Facebook mematikan “Teman Terdekat” dan fitur lainnya

Facebook mengaktifkan beberapa fitur penting seperti teman terdekat, peringatan cuaca, riwayat lokasi, dll. Lihat informasi lengkapnya di ulasan ini.

Sebagai “penatua” media sosial yang sudah ada bertahun-tahun, Facebook tentu memiliki fitur yang bisa dibilang sangat lengkap. Fitur tag teman dan tempat, fitur teman terdekat, dan peringatan cuaca semuanya tersedia di Facebook.

Sayangnya, tidak semua fitur Facebook dipadati pengguna. Cukup banyak fitur yang mereka kerjakan dengan keras tetapi pada akhirnya pengguna yang tersisa. Ini akhirnya memaksa Facebook untuk menghapus dukungan untuk fitur tersebut dan menghapusnya.

Ini terjadi pada 31 Mei 2022. Facebook berencana untuk mematikan beberapa fitur di platformnya. Beberapa fitur Facebook yang akan dimatikan adalah teman terdekat, peringatan cuaca, riwayat lokasi, dan lokasi latar belakang.
Facebook teman dekat terdekat

Saya menerima pesan ini setelah teman saya Mas Anom menerima pesan dari Facebook yang kira-kira seperti ini:

"Halo Anom,

Karena sebelumnya Anda telah menggunakan teman di sekitar, peringatan cuaca, riwayat lokasi, atau lokasi latar belakang, dengan senang hati kami umumkan bahwa produk dan fitur ini tidak akan tersedia lagi setelah 31 Mei 2022. Informasi yang telah Anda bagikan dan gunakan untuk pengalaman ini, termasuk riwayat lokasi dan lokasi latar belakang, tidak akan dikumpulkan lagi setelah 31 Mei 2022, meskipun Anda telah memilih sebelumnya. Facebook akan terus mengumpulkan informasi lokasi untuk pengalaman lain seperti yang dijelaskan dalam kebijakan data kami.”

Berdasarkan pesan di atas, jelas bahwa setiap pengguna Facebook yang sebelumnya mengaktifkan fitur Friends Nearby, Weather Alerts, Location History, dan Background Location akan menerima pesan yang sama.

Lihat juga
Instagram menyegarkan dengan logo baru dan font Instagram Sans
Di media sosial

Selain itu, Facebook memperingatkan bahwa pengguna saat ini masih dapat memperbarui riwayat lokasi dan pengaturan lokasi latar belakang mereka “sebelum 31 Mei 2022.”

Saat ini, jika Anda ingin melihat/menghapus riwayat lokasi yang sebelumnya dibagikan di Facebook, Anda dapat mengakses dan mengunduh informasi Anda sebelum 1 Agustus 2022. Jika Anda tidak melakukan apa pun (menghapus riwayat lokasi) setelah tanggal ini, semua informasi riwayat lokasi Anda akan otomatis dibersihkan.

Ya, meskipun fitur di atas secara khusus didukung oleh data lokasi, Facebook mengatakan akan terus mengumpulkan informasi lokasi pengguna untuk pengalaman lain di platformnya (sebagaimana diuraikan dalam kebijakan data Facebook). Misalnya, data lokasi masih digunakan untuk mempersonalisasi iklan, posting dengan check-in, acara Facebook, dll.

Sumber :